Selasa, 15 November 2011

Menyimpan file dokumen dengan ekstensi .pdf

Sering kali file- file dokumen kita rusak didalam proses penyimpanan. Korup saat dibuka dari flash disk, terserang virus, dsb. Maka salah satu cara yang diharapkan menjadi salah satu cara menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menyimpannya dalam bentuk format lain.
Ada yang meng-kompresi file tersebut sehingga selain berubah ekstensi juga menghemat ruang memori, namun yang lebih populer file dokumen tersebut kita simpan dengan format .pdf (portable document format).


Untuk pengguna Microsoft Office, khususnya versi 2007 telah menyediakan fitur penyimpanan dengan format pdf. Caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan meng-instal-kan patch (934kb) yang dapat didownload dari situs Microsoft.
Karena hanya untuk menyimpan dalam bentuk format pdf, maka file yang dihasilkan tidak semaksimal jika kita menggunakan aplikasi pdf-editor, dimana kita bisa menambahkan password disana. Juga memberikan ijin untuk bisa dicopy-paste atau tidak, ijin dan kualitas untuk dicetak dan sebagainya. 
Jika anda membutuhkan fitur- fitur tambahan seperti yang saya sebutkan diatas maka mungkin sebaiknya anda juga menginstal aplikasi tambahan seperti Adobe Acrobat Reader Professional atau PDFCreator :)
Ok, demikian posting pertama saya. Semoga bermanfaat ! :)

0 komentar:

Posting Komentar